Apakah Qur'an Berbahasa Arab?

وَلَـقَدْ نَـعْلَمُ اَنَّهُمْ يَقُوْلُوْنَ اِنَّمَا يُعَلِّمُهٗ بَشَرٌ ۗ لِسَا نُ الَّذِيْ يُلْحِدُ اِلَيْهِ اَعْجَمِيٌّ وَّهٰذَا لِسَا نٌ عَرَبِيٌّ مُّبِيْنٌ

"Dan sesungguhnya Kami mengetahui bahwa mereka berkata, Sesungguhnya Al-Qur'an itu hanya diajarkan oleh seorang manusia kepadanya (Muhammad). Bahasa orang yang mereka tuduhkan (bahwa Muhammad belajar) kepadanya adalah bahasa 'Ajam, padahal ini (Al-Qur'an) adalah dalam bahasa Arab yang jelas." (QS. An-Nahl 16: Ayat 103)

Ayat ini menjelaskan bahwa nabi dulu pernah dituduh membacakan Qur'an yang diajarkan seseorang. Qur'an ini dibilangnya berbahasa 'Ajam.



Apa itu 'Ajam?

A. Tafsir Ulama

1. Ibnu Katsir.
  • Ibnu Katsir menyebutkan bahwa ada seorang budak milik salah satu puak dari kabilah Quraisy. Orang ini berbahasa 'Ajam
  • Dari Muhammad ibn Ishaq, budak tersebut beragama Nasrani, milik seorang dari Bani Hadrami.
  • Dari Ikrimah dan Qatadah yang dikutip Abdullah ibn Kasir disebutkan nama budak tersebut : Ya'isy
  • Dari ibn Jarir, orang musyrik berkata "dia(nabi Muhammad) diajari (Qur'an) oleh Ba'lam". Dikatakan bahwa Ba'lam adalah seorang penyanyi di Mekkah yang berbahasa 'Ajam yang pernah didatangi Rasul.
  • Dari Ad Dahhak, yang dituduhkan mengajarkan Qur'an kepada nabi Muhammad adalah Salman Al Farisi. Riwayat ini diklaim lemah karena timelinenya tidak cocok.
Tafsir ibn Katsir tidak menyebutkan definisi tentang bahasa 'Ajam.

2. Jalalain.
Yang dituduh mengajarkan Qur'an ke Nabi adalah seorang pendeta Nasrani. Tidak disebutkan siapa nama pendetanya. Tidak disebutkan pula definisi bahasa 'Ajam.

3. Quraisy Shihab.
Kata orang Quraisy : "Seorang pemuda berkebangsaan Romawi mengajarkan Qur'an kepada Muhamamd". Tidak disebutkan siapa nama pemudanya. Tidak disebutkan pula definisi bahasa 'Ajam.

Dari beberapa tafsir diatas tidak disebutkan secara spesifik definisi bahasa 'Ajam. Sebagian menyebutkan bahasa 'Ajam itu bahasa asing (non-Arab).

B. Etimologi
  • in'ajama : (tutur) yang tidak dapat dipahami
  • a'jam : tidak fasih
  • ista'jama : tidak mampu bertutur
  • musta'jim : bisu
C. Geografi

Tidak ada lokasi spesifik yang menunjukkan dimanakah 'Ajam.
  • Bilal bin Rabah yang budak Afrika disebutkan di beberapa tulisan sebagai orang 'Ajam.
  • Salman Al Farsi yang orang Iran juga disebutkan sebagai orang 'Ajam.
Secara umum istilah 'Ajam disematkan ke orang non-Arab. Tapi dari segi proporsi, banyak sekali orang yang disebut 'Ajam ini berasal dari kawasan Iran.

...

Lantas apakah betul Qur'an berbahasa Arab?

Di QS 16 ayat 103 tersebut disebutkan ;
وَّهٰذَا لِسَا نٌ عَرَبِيٌّ مُّبِيْنٌ
"....dan (padahal) ini (Al-Qur'an) adalah dalam lisan (bahasa) Arab yang jelas."

Ini menarik.
Dikatakan Qur'an ini "wa hadza lisanun 'Arabiyyan mubin", lisan/bahasa Arab yang nyata/jelas.

Apa yang dimaksud oleh ayat ini?

Kita bisa sama sama cek. Bahwa Qur'an ini memuat banyak bahasa asing.
  • Halaman kedua mushaf Qur'an saja sudah memuat bahasa asing "alif-lam-mim". Berdasarkan analisa iseng kawan saya, Alif-lam-mim ini mungkin dari bahasa Phoenicia, induknya bahasa Arab dan Aramaic.
  • Saya pernah bahas juga soal "Sijjil", yang mana bahasa tersebut merupakan bahasa serapan Persia. 
  • Bahkan nama "Allah" sendiri apakah bahasa Arab? Saya pernah mendiskusikan ini dengan beberapa teman dan ustad yang saya rasa lebih mahfum bahasa Arab ketimbang saya. Rata2 berkata bahwa kata "Allah" itu tidak sesuai dengan kaidah bahasa Arab. Agak terlalu maksa kalau "Allah itu dari kata "Al" (kata benda spesifik), dan "ilah" (tuhan/sesembahan).
  • Dan masiiih banyak lagi bahasa Qur'an yang secara kaidah bahasa Arab tidak cocok. Sampai2 ada ustad yang bilang, "Qur'an itu tidak terikat dengan kaidah bahasa Arab. Justru bahasa Arab yang terinfluence oleh bahasa Qur'an".
Hmm. Kalau begitu klaimnya, lantas apakah Qur'an ini benar-benar berbahasa Arab?

Memang cukup banyak peneliti yang mencoba meneliti bahasa apakah yang dipakai Qur'an. Sebagian menduga bahwa Qur'an ditulis dengan bahasa Aramaic yang diduga menjadi induk dari bahasa Arab. Seorang peneliti barat bahkan menyatakan "jika anda menemukan kata di Quran yang tidak dimengerti oleh bahasa Arab, coba cek bahasa Aramaic atau Syriac".


Teori yang cukup memungkinkan untuk ayat ini adalah, bahwa bahasa Arab sendiri telah ber-evolusi. Sederhananya ada bahasa Arab klasik, ada bahasa Arab modern. Beberapa waktu lalu saya pernah coba menulis tentang asal usul nama Arab. Diantaranya memuat sebuah prasasti dari Hira, ibukota kerajaan Lakhmid. Para peneliti menduga prasasti tersebut menggunakan bahasa Arab-Nabatea, yang dipakai oleh bangsa Nabatean di Petra sejak abad awal Masehi.

Namun belum ditelusuri lebih lanjut, bahasa Arab-Nabatea itu seperti apa. 

ChikYen.
(Sekian)

Komentar