Geografi Perang ; 3H vs I (Hamas+Hezbollah+Houthi vs Israel)

Banyak yang masih belum paham tentang lokasi perang antara kubu Hamas melawan Israel. Disangkanya perang terkonsentrasi di Gaza semua. Bahkan Gaza ada dimana saja tidak semua tahu, malah ada yang menyangka Gaza berbatasan dengan Lebanon, Hizbullah menyerang dari Jordan dsb.

Disini kita akan mengulas sedikit tentang lokasi perang "asimetric-war".

1. Serangan Hamas ke Israel

Pada 7 Oktober Hamas memulai serangan dengan meluncurkan 5000 roket ke Israel. Area yang lolos dari intersep Iron Dome adalah kawasan Kfar Aviv, area perbatasan antara kota Ashdod dan Gedera.

Lalu Hamas merusak beberapa pagar perbatasan Gaza-Israel, terbang dengan paralayang mengarah ke kota Ashkelon dan Beersheba / Bersyeba / Beer Sheva.


Kemudian Israel merespon dengan melakukan serangan rudal ke Gaza Utara, menghancurkan banyak bangunan di Gaza dan tentunya memakan korban sipil juga.

Setelah melakukan serangan udara, IDF merangsak masuk ke wilayah darat Gaza, meratakan bangunan dengan tanah, mencari pasukan Hamas yang bersembunyi di tunnel bawah tanah sepanjang kota Gaza.


2. Serangan Hezbollah ke Israel

Hezbollah sedikitpun tidak mengintervensi kawasan Gaza. Hezbollah memborbardir area strategis militer yang berada di kota Kiryat Shmona, Israel Utara, perbatasan dengan Lebanon. Jauuh dari Gaza.

Hezbollah melakukan serangan untuk 2 tujuan. 
(1) bentuk solidaritas, membalas dendam muslimin Gaza. 
(2) memecah konsentrasi serangan IDF ke Gaza.


3. Serangan Houthi ke Israel

Houthi beda lagi. Mereka menyerang area-area strategis militer Israel di kawasan kota Eilat yang berada di kawasan laut merah hingga gurun Negev.


Namun sayang, rudal-rudal Houthi malah diintersep oleh Arab Saudi. Alasannya takut rudalnya nyasar ke Arab. Padahal hasil intersep Arab ini malah menyasarkan rudal Houthi ke Jordan. Malah ngerusak negara lain yang ga ikut-ikutan konflik. Untungnya nyasar ke gurun, ga ada korban jiwa...


ChikYen...

Komentar